Halo user!

Polling

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang hobi membeli rumah?
Reload

Enter the code

Simulasi KPR

Banyak Cerita Ommaya Hotel & Resort

Diposkan tgl 23 September 2016
Jendela, VOLUME III | EDISI 26 | JULI 2014

“Rumah
Rumah itu Omah
Omah itu dari Om dan Mah,
Om artinya O, maknanya langit, maksudnya ruang, bersifat jantan.
Mah artinya menghadap ke atas, maknanya bumi, maksudnya tanah, bersifat betina.
Jadi rumah adalah ruang pertemuan laki dan rabinya.” (Jatman, 1994:141)

jendela_26_1Berawal dari sebuah hobi jalan-jalan ke berbagai kota di Indonesia, terutama di Bali inilah yang banyak menginspirasi konsep bangunan di Ommaya Hotel & Resort. Sekilas dari luar bagunan Ommaya Hotel & Resort mungkin tak jauh berbeda dengan bangunan hotel yang tumbuh di Kota Solo. Ommaya Hotel & Resort, yang terletak di jalan Dewaruci No. 1 Gentan, Baki Sukoharjo ini relatif dekat dengan kota Solo, dan menyajikan sebuah konsep yang menarik untuk dicoba. Kota Solo sebagai salah satu kota budaya menyimpan berbagai magnet wisata yang patut dikunjungi. Nah, ketika berkunjung ke Kota Solo dan sekitarnya, bersinggahlah ke Ommaya Hotel & Resort. Tempat menginap yang menggabungkan bangunan dengan nuansa taman ini akan memberikan banyak cerita di dalamnya.

Menurut Oma Nuryanto, owner, Ommaya Hotel & Resort, penamaan Ommaya ini mengandung arti yang dalam. Ommaya diambil dari dua kata jawa yang digabung. Omah dan kemayangan. Secara harafiah dimaksudkan sebagai sebuah bangunan yang penuh rasa tentram, ayem, semeleh.” Omah atau disebut juga griya atau dalem dalam kamus Bausastra Jawa Kuno, dalem dimaknai sebagai wewangunan kang dienggoni. Dalam bahasa jawa Omah adalah sebuah bangunan yang dipercaya oleh sebagian masyarakat Jawa sebagai ruang untuk kembali. Dalam bahasa yang lebih sederhana dalam naskah Kawruh Griya, Omah bagi masyarakat Jawa lebih bermakna sebagai tempat yang ‘edum‘, sehingga bisa dikatakan `bagaikan berteduh di bawah pohon’. Maya sendiri berasal dari bahasa jawa yang berasal dari kata ‘kemayangan‘ yang berarti, rasa keberuntungan, rasa syukur atau semeleh”, terangnya.

Lebih lanjut menurut Oma, panggilan akrabnya, berdasar filosofi tersebut Ommaya dimaksudkan mengambil makna dan fungsi sebagaimana Omah (rumah) bagi masyarakat jawa yang memberikan rasa tentram, ayem, semeleh, nyaman, tenang dalam konteksnya sebagai Hotel dan Resort yang modern.

jendela_26_4Melangkahkan kaki memasuki Ommaya Hotel & Resort senyum hangat dari para resepsionis akan menyambut setiap yang datang. Dalam area lobi tersebut setiap tamu akan disuguhi sebuah landscape ruangan yang nyaman. Sebuah meja resepsionis terletak pada salah satu sudut tembok siap menyambut setiap tamu yang datang. Di area lobi ini nuansa hangat terasa dengan penataan ruang yang didesain apik selaras dengan pemilihan furnitur dan ornamen penghiasnya. Diungkapkan Oma, “pemilihan furnitur dan ornamen penghias ruangan ini di konsep dengan sebuah nuansa hangat kayu, warna coklat kayu di lobi ini untuk membangun kenyamanan tamu sejak awal memasuki hotel ini”, paparnya.

Dalam pembangunannya, Ommaya Hotel & Resort membutuhkan waktu sekitar sebelas bulan pengerjaannya. Banyak cerita yang hadir dalam proses pembangunan hotel tersebut. “ Berawal dari hobi dan keinginan saya memiliki hotel dengan sentuhan-sentuhan Bali di dalamnya. Kalau melihat bangunan bergaya Bali dengan tamannya itu rasanya ayem, nyaman untuk ditempati. Lalu keinginan dan ide-ide saya tuangkan kepada seorang arsitek sebagai penerjemah keinginan saya. Ini tak sekali jadi, ada beberapa hal yang berubah dalam proses pembangunannya”, cerita Oma, semangat.

Hotel & Resort yang mulai dipasarkan sejak Desember 2013 lalu tersebut dilengkapi beberapa fasilitas menarik. Ommaya Hotel & Resort juga menawarkan layanan pijat serta kamar-kamar yang dilengkapi dengan teras pribadi yang menghadap ke taman. Fasilitas penyimpanan bagasi terdapat di resepsionis 24 jam. Tepat di atas ruang lobi terdapat sebuah ruangan yang biasa digunakan sebagai meeting room. Meeting room tersebut dapat menampung kapasitas hingga 200 orang, yang diperuntukkan bagi instansi atau perusahaan. “ Sejak dibuka, meeting roomini sering digunakan bagi instansi pemerintahan, atau perusahaan-perusahaan”, terang pria asli Solo ini. Tak hanya itu, Hotel & Resort ini juga dilengkapi dengan fasilitas parking area yang terletak di bagian basement hotel. Semua staf selalu siap membantu pengunjung untuk memberikan pelayanan maupun akomodasi seperti penyewaan kendaraan, permintaan binatu, dan pengaturan penjemputan di bandara dan atau stasiun.

jendela_26_2Menengok lebih dalam bangunan seluas 60% dari luas tanah 1500 m2 ini memiliki konsep resort yang nyaman. “Setiap kamar akan memiliki pemandangan taman”, tegas Oma. Landscape taman bergaya Bali memberikan penghijauan dan keindahan di depan kamar. Rumput-rumput segar menghiasi setiap teras kamar di lantai satu. Sentuhan pohon kamboja di beberapa sudut taman menghadirkan nuansa taman Bali yang eksotis dan menarik. Dipadukan dengan dinding luar teras yang menggunakan batu alam menyuguhkan sebuah konsep bangunan yang tenang menyatu dengan alam. Tanaman rambat yang hijau pada dinding pembatas area hotel menjadi background yang segar di setiap sudut taman.

Hotel & Resort yang berlokasi strategis, berada di poros jalur perekonomian Solo – Sukoharjo, hanya berjarak tempuh 25 menit dari Bandara Internasional Adi Sumarmo, 15 menit dari pusat Kerajinan Rotan Transang, 10 menit dari Pusat Kota Solo, 10 menit dari wahana hiburan Pandawa WaterBoom, serta 5 menit dari pusat kerajinan Kampoeng Batik Laweyan ini menyuguhkan beberapa kelas kamar. “ Kami memiliki beberapa jenis kamar dengan harga yang menarik”, ucap Oma singkat. Lebih lanjut Oma menerangkan setiap sudut kawasan Hotel & Resort ini lebih banyak diadopsi dari bangunan-bangunan hotel yang berada di Bali, untuk mendapatkan suasana dan keindahan yang alami.

jendela_26_3Menyasar konsumen kelas menengah, penginapan ini ditawarkan dengan kisaran harga yang relatif terjangkau dan berbanding seimbang dengan fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan. “ Harga yang kami tawarkan relatif terjangkau, mulai dari harga 300 ribu hingga paling mahal di kisaran harga 950 ribu”, ucap Oma. Ommaya Hotel & Resort ini menawarkan 35 unit kamar dengan beberapa pilihan tipenya. Ada kelas suite room, executive room, deluxe room, dan superior. Rate harga yang ditawarkannya pun terbilang relatif terjangkau dan berbanding lurus dengan suasana dan fasilitas yang diberikan. Setiap kamar didapati beberapa fasilitas yang sangat memadai, yakni AC, LED TV Satelit, Kulkas, Minibar dan Resto. Semua kamar mandi dalamnya memiliki shower, waterheater, dan 1 set perlengkapan mandi, serta fasilitas koneksi internet dengan menyediakan akses Wi-Fi gratis di seluruh areanya.

Ketika malam, pencahayaan dari spot-spot lampu di berbagai sudut ruangan memberikan permainan cahaya yang menarik dan nyaman. Pada selasar penghubung antar kamar misalnya, penataan cahaya dihadirkan dengan lampu-lampu downlight, meski sedikit redup selasar ini nampak lebih eksotis.

Penataan Hotel & Resort yang modern dengan mengacu pada rasa tentram, ayem, semeleh, nyaman, dan tenang saat berkunjung ke Solo dapat diperoleh pada Ommaya Hotel & Resort. Penginapan yang berfilosofi tinggi ini cocok bagi tamu yang hadir bersama keluarga ataupun kolega. Tempat istirahat dengan suasana yang ramah lingkungan dengan landscape yang cantik dilengkapi taman taman yang jendela_26_5ditata apik, merupakan alternatif sebuah tempat istirahat yang nyaman dan tenang. Perpaduan cantik antara konsep modern dalam bangunannya dengan unsur natural melalui material kayu pada furniturnya serta tata pencahayaan artistik untuk menghadirkan kenyamanan saat setiap tamu beristirahat di penginapan ini. Jadi, jika Anda sedang berkunjung ke kota Solo, jangan ragu-ragu untuk mencantumkan Ommaya Hotel & Resort sebagai salah satu tempat untuk menginap. Greg-Red

Omaya Hotel & Resort
Jl. Dewaruci No. 1 Gentan, Baki – Sukoharjo
Telp. 0271 270 0888
Fax. 0271 789 0764
info@ommayahotel.com
www.ommayahotel.com

Berita Lainnya

Iklan Foto

kavling_ siapbangun_gebang_1

KAVLING SIAP BANGUN LOKASI GEBANG, SLEMAN

Rp. 690.000.000,-

rumah_raihanproperty_sucen_1

RUMAH SIAP HUNI DI SUCEN, SLEMAN

Rp 365.000.000,-

rumah_shary_maguwoharjo_1

Rumah Di Utara Jogja Bay, Maguwoharjo, Sleman

Rp 700.000.000,-

Jpeg

Rumah Murah, Lengkap Siap Huni, Nyaman dan Strategis

Rp 475.000.000,-

rumah_tommy_condongcatur_1_new

3 Unit Rumah di Condongcatur, Sleman

Rp. 625.000.000,-

tanah_soni_rrutara_1

Tanah Di Tepi Ringroad Utara Jogja

Rp. 7.250.000,-/m2

rumah_kurahanresidence_1

Kurahan Residence, Utara Pasar Godean

Rp. 296.000.000,-

rumah_aris_balecatur_1

Rumah Baru Masih Gress di Balecatur

Rp. 320.000.000,-

Harga Perumahan

Kunjungi Juga

Twitter