Halo user!

Polling

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang hobi membeli rumah?
Reload

Enter the code

Simulasi KPR

Investasi Sejati Gebyok Kayu Jati

Diposkan tgl 23 September 2016
Produk, VOLUME III | EDISI 26 | JULI 2014

produk_26_4Gebyok merupakan sebuah partisi ruangan khas Jawa. Selain berfungsi sebagai penyekat ruangan, gebyok juga dapat digunakan sebagai ornamen penghias suatu ruang interior yang dilengkapi dengan pintu pada sebuah bangunan. Gebyok pada umumnya berbentuk ukiran khas Jawa dan terbuat dari material kayu jati berkualitas tinggi. Kayu jati dipilih karena sifat kayu jati kuat secara struktur dan tahan terhadap cuaca. Selain dari ketahanan terhadap kondisi cuaca, kualitas kayu jati dapat dilihat dari warna dan seratnya. Semakin rapat serat kayu dan semakin tua warna kayu maka kualitas akan semakin tinggi. Ragam motif ukiran gebyok cukup beragam seperti ukiran Jepara, Kudus maupun Jawa pada umumnya.

Berawal dari hobinya mengoleksi benda antik termasuk gebyok kayu jati, Yanu Ariansyah Akbar bersama istrinya Nina Robaniah mulai berburu kayu jati ke daerah penghasil seperti Blora, Ngawi dan Pacitan. “Awalnya kami ingin membuka usaha kost dengan bangunan bertema Jawa. Setelah kami hunting dan mendapatkan gebyok, lalu kami membersihkannya dan menjemur di depan rumah. Tanpa diduga ada orang yang berminat untuk membelinya”, ucap Yanu. Mulai dari saat itulah Yanu bersama istri akhirnya memutuskan untuk mencoba membuka bisnis gebyok yang beralamat di Jalan Veteran Nomor 268 Tipes, Solo.

produk_26_5Usaha yang mulai dirintis pada tahun 2011 ini bernama Lumbung Gading. Penamaan usaha gebyok Lumbung Gading mengandung makna tersendiri. Lumbung mengandung arti sebuah tempat penyimpanan, sedangkan Gading berasal dari kata pohon Kelapa Gading. Kelapa Gading adalah jenis pohon kelapa yang berbatang kecil dan pendek tetapi menghasilkan buah kelapa kecil namun berjumlah banyak. “Kami ingin usaha kami ini dapat menghasilkan rejeki yang tidak sedikit dan bermanfaat untuk banyak orang”, ungkap Yanu.

Bisnis kreatif Lumbung Gading tidak hanya menggunakan material kayu jati baru saja, tetapi juga menggunakan kayu jati bekas (recycled). Kayu jati yang digunakan sebagai bahan baku gebyok terdiri dari tiga jenis yaitu kayu Jati Perhutani, Jati Kebon dan Jati Sulawesi. “Kayu jati yang kami gunakan minimal berumur 25 tahun. Hal ini kami lakukan untuk tetap menjaga kualitas kayu jati itu sendiri”, tutur Yanu. Bahan baku diperoleh dari hunting oleh owner sendiri dalam bentuk kayu gelondongan maupun dari orang yang menjual gebyok miliknya secara langsung. “Gebyok lama biasanya kami dapatkan dari daerah Solo sendiri maupun daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur”, imbuh Yanu.

produk_26_1Proses pembuatan gebyok terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama adalah penyiapan bahan baku. Bahan baku dipotong sesuai dengan ukuran. Setelah bahan baku dipotong tahapan selanjutnya adalah molding (pemolaan). Kayu digambar sesuai pola yang sudah dibuat. Sesudah tahap molding selesai dilakukan lalu kayu diukir sesuai dengan motif. Tahap ketiga adalah pengamplasan. Pengamplasan dilakukan lebih dari satu kali untuk mendapatkan tingkat kehalusan yang sempurna. Pengamplasan pertama adalah pengamplasan filler dan pengamplasan dasaran. Tahap terakhir adalah proses finishing. “Untuk finishing menggunakan finishing cat air dan finishing eksterior melamin. “Finishing pewarnaan menggunakan metode gloss, semi gloss dan doff”, jelas Yanu.

Untuk motif terdiri dari motif ukiran Kudus, ukiran Jawa serta ukiran motif Cina. Perbedaan motif antara Kudus dan Jawa terletak pada dimensi ukiran. Ukiran motif Kudus memiliki ketebalan 2,5-4 cm, bentuk ukuran lebih kecil, detail dan berbentuk tiga dimensi. Motif Jawa memiliki ketebalan yang lebih tipis dari motif Kudus tetapi bentuk-bentuk ornamen ukirannya lebih besar dan berbentuk satu dimensi. Motif Cina letak perbedaannya terdapat pada bentuk ornamen ukiran yang didominasi oleh ukiran bentuk tumbuhan hewan dan bentuk naga. “ Selain desain yang sudah tersedia pembeli juga bisa produk_26_3membawa desain sendiri”, ucap Yanu. Proses yang dibutuhkan untuk mengerjakan sebuah gebyok ditentukan dari ukuran serta jenis motif ukiran dalam sebuah gebyok. Untuk ukuran standar 120 cm x 270 cm membutuhkan waktu 2 minggu. Untuk ukuran 3 m x 270 cm dapat menghabiskan waktu sekitar 1 bulan. Produk Gebyok Lumbung Gading dirancang knock down sehingga memudahkan dalam proses pemasangannya. Setiap bulannya Lumbung Gading dapat mengerjakan pesanan rata-rata sebanyak dua puluh orderan gebyok.

Pemasaran produk gebyok Lumbung Gading cukup luas. Konsumen berasal dari konsumen lokal dan mancanegara. Konsumen lokal didominasi dari kota- kota besar di pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota-kota lainnya. “Untuk pembeli lokal kebanyakan datang sendiri ke showroom. Untuk pasar luar negeri datang dari Malaysia”, jelas Yanu. Gebyok Lumbung Gading dipasarkan mulai dari harga 30 juta hingga 60 jutaan rupiah. Harga yang ditawarkan tergantung dari bahan baku, ukuran serta proses kerumitan desain untuk gebyok ukuran 4 m x 2, 80 m yang terbuat dari jati Sulawesi dijual di kisaran 30 jutaan sedangkan jika kayu jati dari Perhutani dengan ukuran yang sama dijual di angka 60 jutaan. Untuk gebyok polosan tanpa ukiran dijual sekitar 900 ribuan hingga satu juta “ Semakin tua kayu tentu akan mempengaruhi harga jualnya”, kata Yanu.

produk_26_2Prospek investasi bisnis kreatif Lumbung Gading sangat menggiurkan. Jati dapat digunakan model investasi yang profitable. “Dari harga bahan mentah sesudah diolah menjadi barang jadi kenaikan bisa mencapai dua kali lipat dari bahan mentah”, tandas Yanu. Selain itu jika ada konsumen yang bosan dengan gebyok yang dimiliki atau ingin menjualnya Lumbung Gading siap membeli kembali atau membantu menjualkannya kembali. “ Ini salah satu bentuk investasi yang menarik, jika membeli sekarang dan kira-kira dua tahun akan dijual lagi pasti harganya sudah naik”, katanya. Selain memproduksi gebyok, Lumbung Gading juga menerima pesanan pembuatan rumah limasan, joglo dan gasebo. Dika-Red

Lumbung Gading
Jalan Veteran Nomor 268 Tipes, Solo
Telp 0858 6717 4414, 0858 6761 5266
Pin BB : 2A9D5BB2 ,29FDD4AB

Berita Lainnya

Iklan Foto

kavling_ siapbangun_gebang_1

KAVLING SIAP BANGUN LOKASI GEBANG, SLEMAN

Rp. 690.000.000,-

rumah_raihanproperty_sucen_1

RUMAH SIAP HUNI DI SUCEN, SLEMAN

Rp 365.000.000,-

rumah_shary_maguwoharjo_1

Rumah Di Utara Jogja Bay, Maguwoharjo, Sleman

Rp 700.000.000,-

Jpeg

Rumah Murah, Lengkap Siap Huni, Nyaman dan Strategis

Rp 475.000.000,-

rumah_tommy_condongcatur_1_new

3 Unit Rumah di Condongcatur, Sleman

Rp. 625.000.000,-

tanah_soni_rrutara_1

Tanah Di Tepi Ringroad Utara Jogja

Rp. 7.250.000,-/m2

rumah_kurahanresidence_1

Kurahan Residence, Utara Pasar Godean

Rp. 296.000.000,-

rumah_aris_balecatur_1

Rumah Baru Masih Gress di Balecatur

Rp. 320.000.000,-

Harga Perumahan

Kunjungi Juga

Twitter