Halo user!

Polling

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang hobi membeli rumah?
Reload

Enter the code

Simulasi KPR

Kawasan Baru Properti Jogja & Solo – Bagian 2

Diposkan tgl 17 September 2016
Gerbang, VOLUME II | EDISI 18 | NOVEMBER 2013

Sektor industri properti menjadi salah satu lokomotif penggerak perekonomian di Indonesia. Jika properti suatu daerah mengalami pertumbuhan, maka akan berpengaruh pada puluhan sektor lain yang juga akan mengalami pergerakan. Seperti halnya yang terjadi di Kota Solo atau Surakarta. Kota ini kini tengah banyak diburu para pelaku bisnis properti untuk usaha memenuhi kebutuhan rumah di wilayah tersebut yang masih cukup tinggi. Selain itu masih dapat berkembangnya harga menjadi tanda wilayah Solo masih menyimpan nilai investasi yang menjanjikan. Pertumbuhan properti nampak jelas di daerah-daerah penyangga kota Solo yang masih banyak lahannya. Pasar properti akan tumbuh pesat di daerah penyangga Surakarta, seperti Karanganyar, Sukoharjo dan Boyolali. Akan banyak perumahan baru yang menyasar para kaum pekerja yang selama ini mengadu nasib di Surakarta. Ragam pilihan tipe rumah dan harga ditawarkan para pelaku bisnis untuk menjaring semua segmentasi pasar daerah tersebut. Mereka yang sukses dengan produk sebelumnya, akan terus memasarkan produk-produk terbarunya. Berikut ulasan tentang properti Solo Raya.

GROGOL GREEN GARDEN – SOLO
gerbang_13_bag2_1Sukses dengan produk-produk sebelumnya, saat ini pengembang PT. Putra Utama Sentosa tengah memasarkan salah satu produknya dengan nama Grogol Green Garden. Pengembang yang sudah bermain properti di wilayah Surakarta dan sekitarnya tersebut kini sudah memiliki 23 lokasi perumahan yang disediakan bagi semua kalangan. Pada produk terbarunya tersebut PT. Putra Utama Sentosa menawarkan sebuah lokasi perumahan dengan aksesibilitas yang mudah. Lokasi perumahan tersebut tepat di tepi jalan raya yang menghubungkan kota Solo dengan Sukoharjo. Berada pada jalur yang multi akses Grogol Green Garden juga memiliki kedekatan dengan daerah Solo Baru yang tengah mengalami perkembangan. Berkembangnya berbagai sarana pembangkit lingkungan di daerah Solo Baru pada tahun 2011-an ternyata berimbas pada daerah sekitarnya. Grogol Green Garden memiliki kedekatan akses dengan berbagai sarana pembangkit lingkungan yang berada di wilayah Solo Baru seperti, 5 menit menuju pusat perbelanjaan Carefour, Gelanggang Olah Raga Solo Baru, pendidikan Singapore Piaget Academy, Rumah Sakit Dr. Oen Solo Baru, dan Wahana Rekreasi Pandawa Waterboom. Dengan kemudahan akses jalan dari dan keluar kota yang mudah menjadikan Grogol Green Garden sebagai salah satu pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan hunian yang nyaman, aman, bernuansa hijau dengan kawasan terpadu, serta memiliki nilai prestise dan investasi yang tinggi.

Kenyamanan, keamanan, dan kawasan yang memiliki prestise dihadirkan PT. Putra Utama Sentosa dalam konsep kawasan perumahan Grogol Green Garden. Sesuai namanya yang mengusung konsep green, perumahan yang di launching sejak tahun 2012 tersebut dalam kawasannya nampak banyak sekali taman-taman penghijauan. “ Kami mengusung konsep kawasan yang hijau, dengan menerapkan perbandingan KDB hingga 45% untuk lahan terbukannya, seperti fasum dan fasosnya, selain itu di tiap unit rumahnya kami selalu menghadirkan taman di depan dan belakang, supaya lebih hijau dan air hujan terserap lebih maksimal”, terang Wiyono Catur N, Direktur PT. Putra Utama sentosa. Meski menganut langgam arsitektur minimalis, perumahan yang berdiri di atas lahan seluas 3,3 Ha ini tetap mengusung nilai natural. Pada fasad bangunan lebih banyak menggunakan jendela-jendela berukuran besar untuk sirkulasi udara dan cahaya yang alami. Selain itu dengan jendela yang besar tentu saja akan membuat rumah tersebut menjadi hemat energi penggunaan listriknya.

Grogol Green Garden menawarkan 152 unit rumah dengan lima pilihan tipe kepada konsumennya. Mulai dari tipe Ebony luas bangunan 40 m², tipe Champaka luas bangunan 65 m², tipe Camara luas bangunan 85 m², tipe dua lantai Canna dengan luas bangunan 125 m², dan tipe paling besar Allamanda luas bangunan 135 meter persegi. Tipe satu lantai pada perumahan tersebut tergolong paling banyak diminati konsumen. “ Tipe satu lantai menjadi tipe paling laris di perumahan 3G ini, terutama tipe Ebony, dari total 39 unit rumah yang ditawarkan kini tinggal sekitar 10 unit saja”, ungkap Catur. Dengan ragam pilihan tersebut, konsumen akan mendapatkan harga mulai dari 300 jutaan hingga 900 jutaan. Harga yang ditawarkan tentu akan menjadi berbanding seimbang dengan kawasan, lokasi dan fasilitas yang dihadirkan dalam kawasan tersebut. untuk menambah kenyamanan dan keamanan penghuni perumahan pengembang perumahan tersebut menghadirkan beberapa fasilitas seperti, tempat ibadah (Musholla), Mini Waterboom, taman bermain yang luas, sistem keamanan dengan CCTV 24 jam dan terkoneksi WiFi serta jalan one gate system dengan lebar jalan utama 10 meter dan taman penghijauan di sepanjang jalan. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari penghuni di dalam perumahan pengembang ini telah lebih dahulu memasarkan ruko yang berada di depan perumahan. Ruko tersebut ternyata mendapat respon yang baik dari pasar. Dalam waktu 6 bulan saja, ruko tersebut sudah habis terjual.

Kecepatan penjualan tersebut sebagai bukti daerah tersebut masih memiliki potensi yang baik dari segi investasinya. Seperti dituturkan Catur lebih lanjut, mengenai investasi daerah tersebut tergolong cukup menarik. Sebagai ilustrasi tipe 85 pada awal dipasarkannya sudah ditawarkan pada kisaran harga 400 jutaan, selang kurang lebih enam bulan dengan tipe yang sama sudah dipasarkan pada kisaran harga 500 jutaan. Kenaikannya sudah sekitar 20%. Untuk mendukung nilai investasi yang berkembang, pengembang ini menjamin produknya sudah memiliki legalitas yang komplit. “Legalitas kita sudah ok, sudah siap Sertipikat dan IMB per kavling”, ungkap Catur singkat. Untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya perumahan yang sudah terjual hampir 50%nya tersebut hingga akhir tahun menawarkan promo khusus, Diskon Harga Khusus untuk pembelian rumah dua lantai.

GRAND SENTOSA – SOLO
Lokasi lain yang juga merupakan daerah berkembang akibat pertumbuhan kawasan Solo Baru adalah Gentan. Daerah Gentan beberapa tahun terakhir ini menunjukkan pergerakan pertumbuhan properti yang terlihat nyata. Proses pembangunan perumahan nampak nyata di beberapa sudut kawasan, bahkan merambah ke daerah sekitarnya. Mulai dari yang berskala kecil hingga besar. Tujuannya jelas untuk memenuhi kebutuhan pasar akan rumah. Seperti halnya yang terjadi di sepanjang Jalan Mangesti Raya, perumahan berjajar menawarkan keunggulan masing-masing untuk menggaet konsumen sebanyak-banyaknya. Salah satu pengembang yang memiliki beberapa produk di sepanjang jalan Mangesti Raya adalah pengembang dengan nama PT. Artha Sentosa Raya. Pengembang tersebut mempunyai dua produk yang berlokasi di sepanjang jalan tersebut, yakni Grand Sentosa dan Puri Artha Sentosa.

gerbang_13_bag2_2Grand Sentosa merupakan produk pengembang PT. Puri Sentosa Raya yang diperuntukan bagi konsumen kelas menengah atas Surakarta. Grand Sentosa berlokasi tepat di pinggir Jalan Mangesti Raya, Waru, Baki. Pangsa pasar lokasi tersebut tergolong ramai. Ditahap pertama ini Grand Sentosa menawarkan 40 unit rumah di atas luas lahan 1 Ha. “ Melihat potensi daerah Grand Sentosa yang masih sangat tinggi, tahun depan kita berencana melebarkan lahan dengan membuka tahap 2, sehingga menjadi total 1,6 Ha dengan jumlah unit 76”, ungkap Muhammad Firman AB, Direktur, PT. Artha Sentosa Raya. Desain rumah Grand Sentosa mengusung konsep arsitektur minimalis tropis. Minimalis dihadirkan untuk menghadirkan kesan gagah pada bangunan. Permainan ornamen-ornamen berbahan batu alam dan kayu diterapkan untuk menambah keindahan tampilan rumah dan membuat kesan tropis.

Denah ruang Grand Sentosa cukup menarik. Pada denah ruang rumah tipe 80 satu lantai, perumahan tersebut menawarkan denah berupa car port, teras, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar mandi, dua kamar tidur berukuran cukup luas, dan satu kamar pembantu di bagian belakang. Untuk mengusung konsep tropisnya, tiap rumah menggunakan jendela kaca yang berukuran cukup besar, dan keinggian plafon mencapai 3, 5 meter sampai dengan 4,5 meter, untuk memperlancar sirkulasi udara dan cahaya alami. Taman-taman hijau di sekitar rumah akan membuat suasana tiap kavling menjadi lebih hijau. Di tahap pertama ini Grand Sentosa menawarkan rumah tipe 80 dengan luas tanah 136 sudah ditawarkan pada kisaran harga 600 jutaan, tipe 170 m² dengan luas tanah 170 dipasarkan pada kisaran harga 1,04 Milyaran, dan tipe paling besar 190 m² dengan lahan seluas 204 m² dipasarkan pada kisaran harga 1,2 milyaran.

Kesesuaian antara kawasan dan lokasi yang ditawarkan Grand Sentosa menjadi magnet yang cukup besar bagi konsumen. Hingga kini perumahan yang akan dilengkapi berbagai fasilitas seperti jogging track, taman, sistem keamanan one gate system dengan CCTV, dan gedung serbaguna setelah dibuka tahap kedua, telah terjual kurang lebih 20%. Secara lokasi grand sentosa memiliki kedekatan dengan sarana pembangkit lingkungan seperti, pasar tradisional, pusat-pusat perbelanjaan, sarana pendidikan yang berada di sepanjang jalan utama Songgolangit. Lokasi dengan kemudahan akses tersebut tentu saja akan berpengaruh pada kenaikan nilai investasi di dalam kawasan Grand Sentosa. Sebagai gambaran pada awal dipasarkan tipe 80 yang ditawarkan pada kisaran harga 400 jutaan, dalam jangka waktu kurang lebih satu tahun dengan tipe rumah yang sama saat ini sudah dipasarkan pada kisaran harga 600 jutaan. Sebuah kenaikan harga yang cukup fantastis dan menggairahkan.

PURI ARTHA SENTOSA – SOLO
Sedangkan untuk menyerap konsumen kelas menengah bawah, pengembang PT. Artha Sentosa Raya memiliki produk dengan nama Puri Artha Sentosa. Berdiri di atas lahan seluas 9800 meter persegi menawarkan rumah tipe satu lantai dengan mulai tipe 45 sampai tipe 70. Tipe 45 dengan luas tanah 104 m² dipasarkan pada kisaran harga 330 jutaan, tipe 48 dengan luas tanah 112 m² ditawarkan pada kisaran harga 350 jutaan, tipe 60/ 126 ditawarkan pada kisaran harga 420 jutaan, dan tipe paling besar 70/140 dipasarkan pada kisaran harga 470 jutaan. Langgam arsitektur bangunan pada perumahan tersebut masih mengadopsi dari perumahan Grand Sentosa yakni bergaya minimalis tropis. Plafon rumah yang tinggi menjadi salah satu sentuhan untuk menghadirkan kesan tropis dalam ruangan. Taman pada bagian depan dan belakang rumah tetap dihadirkan untuk menambah tropis hunian.

gerbang_13_bag2_3Lokasi perumahan yang masih segaris dengan perumahan Grand Sentosa ini menawarkan 51 unit rumah yang cukup ramai diburu konsumen. Sejak di launching pada bulan April 2013 lalu hingga kini sudah terjual kurang lebih 20 unit rumah. “Tipe 45 dan 70 menjadi tipe yang paling banyak diburu konsumen” papar Firman. Lebih lanjut Beliau menambahkan, tipe yang ditawarkan Puri Artha Sentosa merupakan tipe yang banyak diburu konsumen keluarga muda yang baru pertama memiliki rumah. Denah ruang standar dengan dua kamar tidur dirasa sudah cukup mengadopsi kebutuhan ruang mereka saat ini. Seiring berkembangnya waktu kebutuhan ruang mereka akan bertambah, maka mereka dapat memperluas rumah menggunakan sisa lahan yang masih ada. Dengan segmentasi pasar kelas menengah ke bawah, Puri Artha Sentosa hampir 70% nya menggunakan jasa pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah.

Meski menyasar konsumen kelas menengah bawah, kawasan perumahan tersebut menyimpan prospek kenaikan nilai investasi yang masih sangat tinggi. “Kedepannya kami yakin pergerakan nilai investasi pada perumahan yang berada di sepanjang jalan Mangesti Raya akan mengalami kenaikan yang cukup baik, karena sesuai rencana pemerintah daerah setempat jalan tersebut akan diperlebar, dan akan menjadi jalan besar, sehingga pertumbuhan ekonomi di sekitarnya pasti akan ikut berkembang”, paparnya. Keyakinan tersebut bukan tanpa alasan, dari penjualan Puri Artha Sentosa sudah mengalami kenaikan harga. Pada awal penjualan tipe 45 dipasarkan pada kisaran harga 280 jutaan, dalam jangka waktu 7 bulan saja harga sudah mengalami kenaikan menjadi pada kisaran harga 330 jutaan dengan tipe rumah yang sama. Untuk menjamin kenaikan nilai investasi tersebut, pengembang tersebut telah memberikan legalitas yang komplit di tiap kavlingnya. “ Legalitas Puri Artha Sentosa sudah komplit, sertipikat dan IMB sudah siap per unit rumah”, ungkap Firman singkat.

TAMAN ANGGREK GENTAN – SOLO
gerbang_13_bag2_4Perumahan lain yang juga berada di wilayah Gentan adalah Taman Anggrek Gentan garapan PT. Indah Pratama Grida. Pengembang tersebut memiliki keyakinan yang tinggi akan prospek pasar daerah Gentan. “ Perumahan ini-kan terletak di daerah Mayang, Gentan Sukoharjo, berada di sisi selatan Kota Solo, lokasi kami yang strategi, memiliki kedekatan dengan Solo Baru menjadikan kawasan ini sebagai second opinion mereka yang mencari lokasi yang dekat dengan Solo Baru dan kota Solo”, papar Wibowo Jati, Manajer Operasional Taman Anggrek Gentan. Akses yang baik juga ditawarkan Taman Anggrek Gentan dengan lokasinya yang mempunyai kedekatan dengan berbagai sarana sosial seperti, Luwes Mall, berbagai sarana yang ada di sekitaran Solo Baru, Bandara Adisumarmo, pasar tradisional, dan kota Solo.

Taman Anggrek Gentang menawarkan 80 unit rumah diatas kawasan seluas 1,5 Ha. Tipe yang ditawarkannya adalah tipe 50 untuk satu lantai dan tipe 100 untuk rumah model dua lantai. Harga yang ditawarkannya pun relatif terjangkau bagi semua kalangan, dipasarkan mulai dari harga 300 jutaan. Tipe 50 di perumahan Taman Anggrek Gentan dapat juga diubah menjadi tipe dua lantai dengan selisih harga 235 jutaan. Penyerapan pasar di daerah tersebut ternyata memperlihatkan minat yang sangat tinggi, terbukti dari hasil penjualan Taman Anggrek Gentang tengolong cukup cepat. Sejak dilaunching pada bulan Agustus 2013, Taman Anggrek Gentan sudah terjual 12 unit rumah. “ Kita cukup cepat dalam penjualannya, hingga kini sudah terjual 12 unit, 5 unit 1 lantai dan 7 unit rumah 2 lantai, tipe besar malah banyak diminati konsumen”, ungkap Fajar Riyanto Y, Executive Marketing, Taman Anggrek Gentan. Tercatat konsumennya lebih banyak berasal dari luar kota Solo.

Mereka yang berasal dari luar kota tentunya melihat prospek kawasan Taman Anggrek Gentan memiliki nilai investasi yang masih dapat berkembang. Lebih lanjut Fajar mengungkapkan, hampir 70% konsumen kami yang sudah masuk kemungkinan akan digunakan sebagai investasi. Lebih lanjut Fajar menambahkan, “ dalam jangka waktu kurang lebih tiga bulan perumahan Taman Anggrek Gentan sudah mengalami kenaikan kurang lebih sebesar 3%, kami beranggapan jika penjualan kami cepat laku, dan harga naik, itu kan masih wajar”. Kenaikan harga tersebut juga diimbangi dengan legalitas perumahan yang sudah tersedia sampai dengan sertipikat dan IMB per kavlingnya. Sedangkan untuk menyerap konsumen lebih banyak, Taman Anggrek Gentan menawarkan promo khusus berupa diskon 3%, uang muka bisa diangsur, pembayaran cash bertahap 6 bulan bunga 0%, dan dan cash 1 tahun dengan bunga 0,5%, berlaku untuk pembelian rumah hingga akhir tahun 2013.

Nilai investasi perumahan tersebut semakin cepat berkembang didukung dengan berbagai fasilitas yang berada di dalam kawasan. Taman Anggrek Gentan dilengkapi fasilitas seperti, kolam renang, club house, playground, sistem pintu one gate system, dengan kamera CCTV 24 hours, fixed line telephone, WiFi & Hot Spot Area, dan jalan lingkungan selebar 9 meter. Fasilitas tersebut akan di padu padankan dengan konsep lingkungan perumahan yang mengusung konsep kawasan yang asri, bersih, teratur, dan nyaman untuk sebuah hunian. Taman penghijauan dihadirkannya di sepanjang jalan lingkungan untuk menghadirkan lingkungan yang asri. “ Selain lingkungan yang asri kami juga menerapkan kebersihan lingkungan dalam kawasan, dalam masa pembangunan pun kita tidak akan membiarkan material berserakan di jalan, karena kerapian merupakan hal selalu kami utamakan dan dijaga”, terang Bowo panggilan akrabnya. Selain itu untuk menjaga keseragaman dalam kawasan, pengembang melarang konsumen mengubah bentuk fasad rumah. Fasad rumah Taman Anggrek Gentan menawarkan langgam arsitektur bergaya minimalis tropis. Penggunaan jendela berukuran besar diharapkan memberi sirkulasi udara dan cahaya yang lancar. Saat ini dengan terus berkembangnya kota mandiri Solo Baru diharapkan ke depannya akan semakin berimbas ke daerah penyangga sekitarnya. Greg-Red

Berita Lainnya

Iklan Foto

kavling_ siapbangun_gebang_1

KAVLING SIAP BANGUN LOKASI GEBANG, SLEMAN

Rp. 690.000.000,-

rumah_raihanproperty_sucen_1

RUMAH SIAP HUNI DI SUCEN, SLEMAN

Rp 365.000.000,-

rumah_shary_maguwoharjo_1

Rumah Di Utara Jogja Bay, Maguwoharjo, Sleman

Rp 700.000.000,-

Jpeg

Rumah Murah, Lengkap Siap Huni, Nyaman dan Strategis

Rp 475.000.000,-

rumah_tommy_condongcatur_1_new

3 Unit Rumah di Condongcatur, Sleman

Rp. 625.000.000,-

tanah_soni_rrutara_1

Tanah Di Tepi Ringroad Utara Jogja

Rp. 7.250.000,-/m2

rumah_kurahanresidence_1

Kurahan Residence, Utara Pasar Godean

Rp. 296.000.000,-

rumah_aris_balecatur_1

Rumah Baru Masih Gress di Balecatur

Rp. 320.000.000,-

Harga Perumahan

Kunjungi Juga

Twitter