Halo user!

Polling

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang hobi membeli rumah?
Reload

Enter the code

Simulasi KPR

Langkah Mendesain Area Kamar Mandi

Diposkan tgl 16 September 2016
Dapur, VOLUME I | EDISI 09 | FEBRUARI 2013

Setelah pada edisi lalu (Edisi 08 RUMAHJOGJA INDONESIA) kita telah membahas inspirasi desain arsitektural kamar mandi, kali ini kita mencoba mengulas beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam mendesain kamar mandi. Sejak bangun tidur pagi, kita memulai aktivitasnya dari ruang kecil ini. Cuci muka, sikat gigi, mandi, dan hingga urusan belakang diselesaikan di tempat ini. Karena itu, kamar mandi pantas untuk diperhatikan. Saat membangun atau merenovasi rumah, perlu diperhatikan beberapa aspek, mulai dari tata letak kamar mandi, pemilihan material, fixture dan peletakan, sampai dengan pemeliharaannya.

dapur_09_1Kamar mandi mempunyai dimensi yang lebih kecil dari ruang lainnya dari organisasi ruang dalam sebuah hunian. Ruang yang sangat erat hubungannya dengan raga kita, ruang untuk membersihkan tubuh akan dan setelah beraktifitas. Ruang yang mempunyai kelembaban lebih, ruang yang harus berelasi baik dengan ruang lainnya. Ruang kecil yang harus memiliki perhatian lebih dalam hal pemeliharaan, pemilihan material pembentuknya, dan treathment khusus.

Kamar mandi saat ini memiliki desain yang beragam, tergantung apa yang diinginkan penggunanya, ada yang bergaya konvensional dengan masih menggunakan bak penampung air yang dibuat perkerasan, ada pula yang cukup dengan menaruh ember, atau penampung air dari bahan tanah liat seperti genthong maupun lainnya. Untuk kamar mandi yang lebih modern sudah tidak menggunakan penampungan air melainkan dengan shower untuk mandi, bahkan ditambahkan bathub.

Dan fixture lainnya seperti wastafel, cermin, furnitur penyimpan alat mandi, hingga rak buku dan fixture sound system. Tentunya untuk yang ingin kamar mandi didesain memfasilitasi pemilik dapat merasa nyaman rileks dan bisa berlama-lama dalam di dalam kamar mandi, adapula desain kamar mandi dengan konsep alami.

dapur_09_2Namun, di dalam kamar mandi terkadang timbul permasalahan, seperti bau yang terperangkap. Rembes air, timbul noda yang membandel, dan permasalahan lainnya. untuk mengatasi permasalahan kami mencoba memberi masukan atau tips melalui rubrik ini sebagai berikut.

Tata Letak Kamar Mandi
Ruang yang harus diperhatikan tata letaknya dalam layout ruang sebuah hunian. Usahakan di tempatkan di area yang memungkinkan sirkulasi udara baik sehingga bau tidak terperangkap. Misal, diletakkan berbatasan langsung dengan halaman atau ruang terbuka, sebaiknya kamar mandi di letakkan sedemikian sehingga tidak terlihat secara langsung dari ruang-ruang seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan agar kenyamanan di kamar mandi tidak terganggu, jangan meletakkan kamar mandi di antara ruang-ruang lainnya yang berbatasan langsung, karena rembesan air yang kadang tidak kita inginkan akan berimbas ke banyak ruang.

Pemilihan Material, Fixture Dan Peletakan
Pilihlah jenis material yang tahan terhadap sifat kimia air, lantai dan dinding keramik sangat tepat untuk di aplikasikan, lantai menggunakan keramik yang bertekstur agar tidak licin. Sebisa mungkin maksimalkan aplikasi keramik di dinding supaya dinding terhindar dari percikan air yang dapat mengakibatkan rembes. Sekarang sudah banyak keramik motif lantai yang bersinergi dengan motif keramik dinding pilihlah sesuai selera desain Anda. Selain keramik bisa dengan material granit ataupun marmer, memang membutuhkan biaya lebih besar namun lebih terkesan mewah dan elegan, kemudian untuk fixture pilihlah material kaca atau stainless steel kedua material ini tahan akan sifat korosif, hindari aplikasi kayu pada area basah.

dapur_09_3Selain itu tentu tidak lepas dari sistem saluran air yang bagus dan menggunakan pipa saluran berkualitas bagus lebih baik mengorbankan budget di awal, karena permasalahan yang ditimbulkan oleh air akan sangat sulit menanggulanginya dan membutuhkan biaya yang besar. Untuk perletakan fixture seperti monoblok wastafel dan fixture lainnya sebisa mungkin di letakkan sehingga celah-celah bisa dijangkau dengan alat pembersih, agar kotoran tidak terjebak dalam celah yang seringkali banyak meninggalkan masalah. Hal lain yang tidak boleh ditinggalkan saat mendesain kamar mandi adalah membangun suasana kamar mandi yang nyaman. Membangun suasana kamar mandi bisa dihadirkan dengan pemilihan warna dan pencahayaan yang sesuai. Pengolahan warna dan pencahaayan dalam kamar mandi akan sangat penting, karena akan mempengaruhi visual kita saat di dalam kamar mandi. Bangunlah nuansa indah dan nyaman dalam kamar mandi, sehingga Anda akan merasa nyaman. Warna berfungsi mengangkat tema yang ingin diciptakan sesuai konsep kamar mandi. Misalnya, untuk anak-anak, bisa menggunakan warna cerah seperti kuning, merah, atau biru.

Master bathroom, bisa dengan warna romantis. Kamar mandi tamu, untuk menyiasati kamar mandi yang sifatnya umum dengan warna netral, namun tidak berkesan monoton agar bisa memberikan aksen lewat padu padan warna dan tekstur lantai keramik. Jika ingin memberi kesan bersih dengan warna putih, bisa menggunakan akses berwarna cokelat atau motif pada bagian dinding. Jika ingin unik, salah satu dinding bisa dilapisi keramik bermotif metal bertekstur khas. Tata pencahayaan pun juga tak kalah penting. Tata cahaya akan membantu dalam membangun suasana yang diinginkan.

Pemeliharaan Kamar Mandi
dapur_09_4Semua area dalam rumah membutuhkan pemeliharaan, kamar mandi memang lebih membutuhkan perhatian khusus, tentu dibutuhkan tenaga ekstra untuk pembersihan berkala, membutuhkan treathment khusus seperti menggunakan obat tertentu sebagai pembersih fixture dan furnitur dalam kamar mandi, poles unsur kaca dan stainless steel dengan cairan khusus untuk menghindari resiko korosif, memberi cairan obat khusus untuk membersihkan monoblok dan salurannya guna membunuh kuman dan menanggulangi resiko mampet akibat endapan kotoran. Ada sebaiknya gunakan blower untuk membantu menggantikan udara selain ventilasi sembari mengatur suhu dan kelembapan kamar mandi.

Belum memungkinkan kami ulas tentang kamar mandi secara lengkap dan lebih detail dalam tulisan ini kami memberikan garis besar tentang kamar mandi. Kamar mandi merupakan tempat untuk membersihkan raga. Ruang yang tidak boleh kita lupakan dan kita remehkan akan keberadaannya. Berilah kesan yang baik terhadap kamar mandi Anda.Semoga tulisan ini bermanfaat untuk menciptakan kamar mandi yang Anda idamkan. Jl. Raya Pamungkas No 10 C, Ngemplak Umbulmartani, Sleman Telepon : 0811252896, 08156539978 – www.lawangarepstudio.com

Berita Lainnya

Iklan Foto

kavling_ siapbangun_gebang_1

KAVLING SIAP BANGUN LOKASI GEBANG, SLEMAN

Rp. 690.000.000,-

rumah_raihanproperty_sucen_1

RUMAH SIAP HUNI DI SUCEN, SLEMAN

Rp 365.000.000,-

rumah_shary_maguwoharjo_1

Rumah Di Utara Jogja Bay, Maguwoharjo, Sleman

Rp 700.000.000,-

Jpeg

Rumah Murah, Lengkap Siap Huni, Nyaman dan Strategis

Rp 475.000.000,-

rumah_tommy_condongcatur_1_new

3 Unit Rumah di Condongcatur, Sleman

Rp. 625.000.000,-

tanah_soni_rrutara_1

Tanah Di Tepi Ringroad Utara Jogja

Rp. 7.250.000,-/m2

rumah_kurahanresidence_1

Kurahan Residence, Utara Pasar Godean

Rp. 296.000.000,-

rumah_aris_balecatur_1

Rumah Baru Masih Gress di Balecatur

Rp. 320.000.000,-

Harga Perumahan

Kunjungi Juga

Twitter