Halo user!

Polling

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang hobi membeli rumah?
Reload

Enter the code

Simulasi KPR

Pertumbuhan Pasar Hunian Jogja – Solo – Klaten – Bagian 3

Diposkan tgl 21 September 2016
Gerbang, VOLUME III | EDISI 26 | JULI 2014

PURI ARTHA SENTOSA
gerbang_26_bag3_1_puriarthasentosaDaerah Gentan, Sukoharjo beberapa tahun belakangan ini tumbuh menjadi suatu kawasan properti di Solo Raya. Pertumbuhan dan pergerakan perekonomian Gentan naik secara signifikan dengan adanya beberapa fasilitas perekonomian seperti Pasar Gentan dan bebarapa sarana perbelanjaan waralaba. PT. Artha Sentosa Raya memiliki proyek properti yaitu Grand Sentosa. Tahun ini, PT. Artha Sentosa Raya hadir dengan produk bernama Puri Artha Sentosa. Lokasi Puri Artha Sentosa tidak begitu jauh dengan Grand Sentosa. Puri Artha Sentosa masih terletak di jalan Mangesti Raya.

Kawasan Puri Artha Sentosa yang mulai dibangun pada awal tahun 2013 terdiri dari 51 unit. Respon pasar terhadap produk Puri Artha Sentosa relatif baik. “Dari 51 unit yang sudah terbangun sebanyak 27 unit dan semuanya sudah laku terjual. Saat ini kami sedang dalam proses bangun untuk tahap berikutnya yaitu sebanyak 20 unit”, terang Muhammad Firman AB, Direktur Utama PT. Artha Sentosa Raya.

Puri Artha Sentosa dibangun di atas lahan seluas 9.800 m² memiliki letak yang strategis. Menurut Firman, selain berada di daerah kawasan properti Solo Raya yakni di Gentan letak Puri Artha Sentosa tepat di pinggir jalan Mangesti Raya yang merupakan daerah penyangga poros Gentan, Mayang dan Baki. Ditambahkan Firman daerah Gentan menurut rencana nantinya akan menjadi jalur alternatif Solo – Jogja.

Konsep bangunan Puri Artha Sentosa tetap mengacu pada desain produk PT. Artha Sentosa Raya yaitu hunian minimalis. Puri Artha Sentosa diperuntukkan bagi segmen pasar menengah. “Desain rumah minimalis sampai sekarang masih menjadi tren pasar segmen menegah. Desain rumah minimalis berpengaruh terhadap angka penjualan”, ungkap Firman. Garis-garis tegas pada bangunan dengan dinding aksen batu alam menjadi daya tarik bagi konsumen. Untuk mendongkrak angka penjualan, pihak pengembang Puri Artha Sentosa menggunakan sebuah strategi yaitu dengan membangun kawasan terlebih dahulu sebelum mendirikan hunian. “Langkah tersebut kami lakukan karena secara psikologis calon pembeli akan lebih tertarik jika kawasan kami bangun dulu”, tandas Firman.

Tipe rumah yang ditawarkan Puri Artha Sentosa mulai dari tipe 45 sampai dengan tipe 70. Tipe rumah 45 dengan total luas tanah 104 m², tipe 48 dengan luas tanah 112 m². Untuk tipe 60 dan 70 terdapat dua varian rumah yang ditawarkan yaitu 60/117, 60/126 dan 70/125 serta 70/140. Harga hunian Puri Artha Sentosa untuk tipe 45/104 pada kisaran 400 jutaan. tipe 48/112 dijual pada angka 430 jutaan. untuk rumah tipe 60 dipasarkan mulai angka 490 jutaan hingga 520 jutaan, sedangkan untuk tipe 70 pada kisaran 540 jutaan hingga 570 jutaan rupiah.

Konsumen Puri Artha Sentosa mayoritas merupakan pembeli rumah pertama yang berasal dari daerah Solo dan sekitarnya. “Kebanyakan pembeli adalah pendatang yaitu orang Solo Raya yang tinggal di luar kota Solo dengan berbagai alasan untuk membeli seperti alasan investasi”, papar Firman. Pembayaran melalui sistem KPR masih dominan untuk Puri Artha Sentosa. Prospek investasi Puri Artha Sentosa sangat cerah. Dengan harga tanah di sekitar lokasi perumahan yang terus naik, secara langsung akan mempengaruhi harga jual Puri Artha Sentosa. “Puri Artha Sentosa dulu dibuka pada angka 280 jutaan, sekarang sudah tembus hingga 400 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk PPN dan biaya pemasangan listrik 1300/2200 watt. Minimal ada satu pembeli rumah setiap bulannya”, ucap Firman.

Kepuasan konsumen menjadi garansi dari pihak pengembang Puri Artha Sentosa. Hal tersebut diwujudkan dalam penggunaan material berkualitas dalam setiap rumah. Spesifikasi material ditunjukkan kepada konsumen pada awal perjanjian jual beli. “Kami tidak mau main-main dengan kepuasan konsumen”, terang Firman. Menjelang lebaran ini Puri Artha Sentosa mengadakan promo berupa gratis AC.

GRIYA KUANTAN GONILAN dan KUANTAN REGENCY SOLO BARU
Pasar rumah satu lantai di Solo terus tumbuh pesat seiring dengan kebutuhan hunian satu lantai yang semakin tinggi. Perusahaan pengembang perumahan PT. Merapi Arsita Graha juga membidik pasar tersebut. Dengan brand Griya Kuantan Gonilan, pengembang properti asal Jogjakarta tersebut menawarkan konsep hunian green living dengan total 64 unit.

gerbang_26_bag3_2_griyakuantangonilanKonsep green living yang sudah menjadi trademark PT. Merapi Arsita Graha dalam perumahan Griya Kuantan Gonilan diaplikasikan ke dalam kawasan dan bangunan rumah. “Untuk kawasan kami desain dengan banyaknya tumbuhan hijau pada kawasan material perumahan menggunakan batuan granit pada dinding luar dan lantai”, ucap Iman Sulistyo, ST, Branch Manager PT. Merapi Arsita Graha Solo. Selain itu lokasi perumahan Griya Kuantan Gonilan juga berada pada kawasan yang nyaman dan asri dengan banyaknya taman pada sudut-sudut kompleks perumahan. Konsep green living Griya Kuantan Gonilan dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti jalan lingkungan selebar 7 meter dan one gate security system. Kawasan Griya Kuantan Gonilan diklaim pihak pengembang sebagai kawasan bebas polusi dan bebas banjir.

Rumah bergaya tropikal minimalis modern dengan luas lahan 1,1 Ha ditawarkan ke dalam empat tipe rumah yaitu tipe 40, tipe 48, tipe 52 dan tipe 61. Setiap rumah dirancang dengan banyaknya bukaan di setiap ruang agar sinar matahari dapat masuk dengan optimal ke dalam ruangan. “Setiap rumah dirancang tanpa pagar dan kami melarang pembeli untuk membangun pagar nantinya”, terang Iman.

Konsumen dari Griya Kuantan Gonilan sebagian besar adalah pembeli rumah kedua. Dijelaskan Iman, pembeli rumah kedua yang dimaksud adalah pembeli yang sudah membeli produk properti dari Merapi Arsita Graha sebelumnya. Griya Kuantan Gonilan selain cocok untuk hunian juga memiliki prospek investasi yang cerah. “Harga Griya Kuantan Gonilan sudah mengalami kenaikan per 3 bulan. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor harga tanah dan pertumbuhan pesat kawasan sekitar perumahan”, ucap Iman.

Aksesibilitas Griya Kuantan Gonilan mudah dijangkau. Untuk sampai ke kampus UMS hanya membutuhkan waktu 5 menit. Dengan pusat perbelanjaan seperti Carrefour dan Solo Square dapat dicapai dalam waktu kurang dari 20 menit. Lokasi Griya Kuantan Gonilan cukup strategis karena berada pada poros jalan menuju bandara Adi Sumarmo. Dengan sarana kesehatan Rumah Sakit Yarsis maupun Rumah Sakit Ortopedi Dr. Soeharso , dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari lokasi Griya Kuantan Gonilan. Keunggulan aksesibilitas Griya Kuantan Gonilan didukung dengan sisi legalitas perumahan Griya Kuantan Gonilan sudah lengkap. “Legal sudah lengkap. IPT juga sudah didapat dan sudah pecah sertifikat”, jelas Iman.

Penjualan unit Griya Kuantan Gonilan tahun 2014 diharapkan dapat berjalan sesuai dengan target. Untuk meningkatkan angka penjualan pihak developer aktif melakukan kegiatan promosi seperti mengikuti event pameran, beriklan di media cetak maupun online dan flyerring (penyebaran flyer). “Kami menunggu momen yang tepat untuk menentukan target penjualan selanjutnya”, terang Iman. Harga yang ditawarkan untuk setiap tipe perumahan berada pada kisaran 410 jutaan untuk tipe 40/89 sampai dengan 700 jutaan untuk tipe yang terbesar yaitu 61/152. Tipe 48/109 ditawarkan pada kisaran 520 jutaan. Tipe 52/112 dipasarkan mulai pada kisaran 530 jutaan.

gerbang_26_bag3_3_kuantanregencysolobaruSelain Griya Kuantan Gonilan, PT. Merapi Arsita Graha juga memiliki proyek properti di kawasan premium Surakarta yaitu di daerah Solo Baru dengan nama Kuantan Regency Solo Baru. Ada tiga tipe hunian dua lantai yang ditawarkan Kuantan Regency Solo Baru yaitu tipe rumah dengan luas bangunan mulai dari 87m², 90m² dan 99m². Harga yang ditawarkan mulai pada kisaran 600 jutaan sampai dengan 1 Milyar rupiah.

PONDOK PERMAI KERTONATAN dan PONDOK PERMAI KARTASURA
Salah satu pengembang properti besar di kawasan Jogja-Solo adalah PT. Sumber Baru Land. Developer yang telah dikenal dengan brand “Pondok Permai” memiliki beberapa proyek perumahan di kawasan Solo Raya. Salah satunya adalah Pondok Permai Kertonatan. Nama Kertonatan diambil dari letaknya yang berada di daerah Kertonatan, Kartosuro, Solo. Dibangun di atas lahan seluas 15.000 m², Pondok Permai Kertonatan menawarkan tipe hunian satu lantai. Hunian satu lantai terdiri dari empat tipe rumah yaitu tipe 45, 50, 55 dan 65 dengan total sebanyak 70 unit dari pengembangan sebelumnya yang berjumlah 56 unit.

gerbang_26_bag3_4_pondokpermaikertonatanPondok Permai Kertonatan berada pada lokasi strategis di daerah Solo Barat. Tepatnya di jalan Solo – Semarang yang memiliki akses yang strategis menuju ke jalan tol Solo – Kertosono dan dekat dengan bandara Adi Sumarmo. “Pondok Permai Kertonatan memiliki letak yang strategis yakni berada di pusat kota Kartasura dan merupakan lokasi perumahan terbesar yang ada di Kertonatan”, ucap Lukman Hakim, Manager Marketing & Assistant General Manager PT. Sumber Baru Land.

Konsep kawasan Pondok Permai Kertonatan menghadirkan konsep hunian eksklusif dengan beragam fasilitas premium. Komitmen pengembang untuk menghadirkan sebuah hunian premium pada Pondok Permai Kertonatan tidak hanya dalam segi bangunan perumahan yang menggunakan material berkualitas saja tetapi juga kawasan yang digarap dengan detail. “Fasilitas penunjang seperti club house maupun swimming pool didesain dengan serius untuk menghadirkan kenyamanan bagi para penghuni”, ungkap Lukman. Selain itu fasilitas unggulan yang terdapat di kawasan Pondok Permai Kertonatan adalah jalan lingkungan dengan lebar 8 meter, Wi-Fi, CCTV dan one gate security system.

Meskipun belum seluruh hunian selesai dibangun, namun hal tersebut tidak mengurangi antusiasme pembeli perumahan. “Dari total keseluruhan 70 unit sudah laku sekitar 20 %. Meskipun baru 3 unit yang sedang dalam proses bangun, pembeli Pondok Permai Kertonatan sudah percaya dengan hasil garapan rumah SBL (Sumber Baru Land-red) lainnya”, terang Lukman. Progress pembangunan fasilitas umum sudah mencapai 80 % dan pembeli dapat dengan leluasa datang mengamati proses pembangunan. Konsumen Pondok Permai Kertonatan 90 % berasala dari luar kota Solo tambah Lukman.

Lukman menargetkan pada bulan ini (Juli-red) sudah terjadi proses serah terima dengan pembeli. Harga yang ditawarkan pada Pondok Permai Kertonatan berbanding lurus dengan kualitas yang diberikan. Tipe 45/104 dipasarkan pada kisaran harga 330 jutaan rupiah, tipe 50/110 ditawarkan dengan harga 360 jutaan. Untuk Tipe 55 tersedia dua pilihan yaitu 55/108 (370 jutaan) dan 55/112 (380 jutaan). Tipe 65/136 dijual di kisaran harga 490 jutaan. “Untuk rumah tipe 65 tersedia tipe hook dan pool view pada beberapa unit. Kami memperkirakan harga dapat terus berkembang seiring dengan progress pembangunan. Kami memprediksi dalam satu tahun harga jual akan naik sekitar 20 % sampai bangunan jadi”, papar Lukman. Dalam harga jual Pondok Permai Kertonatan ini pihak pengembang memberlakukan sistem kuota yaitu setiap 10 unit rumah yang terbeli, harga jual akan naik.

Pihak pengembang menjamin kualitas bangunan Pondok Permai Kertonatan. Hal tersebut diwujudkan pihak pengembang dengan adanya perjanjian khusus dengan pembeli ketika proses pembangunan sedang berlangsung. Selain itu, developer juga melakukan penjelasan produk kepada pembeli setelah booking fee yaitu dari tahap pemaparan desain, pembiyaan hingga proses pembangunan.

gerbang_26_bag3_5_pondokpermaikartosuroMasih di wilayah Kartasura, PT. Sumber Baru Land juga membangun proyek perumahan lainnya dengan nama Pondok Permai Kartasura. Pondok Permai Kartasura terdiri dari 21 ruko dan 89 kavling. Tipe perumahan Pondok Permai Kartasura terdiri dari dari empat tipe yaitu tipe 50, 60, 65, 75, 100 dan tipe 125. Harga perumahan Pondok Permai Kartasura dibuka pada kisaran 470 jutaan sampai dengan 920 jutaan rupiah. Greg-Dika-Red

Berita Lainnya

Iklan Foto

kavling_ siapbangun_gebang_1

KAVLING SIAP BANGUN LOKASI GEBANG, SLEMAN

Rp. 690.000.000,-

rumah_raihanproperty_sucen_1

RUMAH SIAP HUNI DI SUCEN, SLEMAN

Rp 365.000.000,-

rumah_shary_maguwoharjo_1

Rumah Di Utara Jogja Bay, Maguwoharjo, Sleman

Rp 700.000.000,-

Jpeg

Rumah Murah, Lengkap Siap Huni, Nyaman dan Strategis

Rp 475.000.000,-

rumah_tommy_condongcatur_1_new

3 Unit Rumah di Condongcatur, Sleman

Rp. 625.000.000,-

tanah_soni_rrutara_1

Tanah Di Tepi Ringroad Utara Jogja

Rp. 7.250.000,-/m2

rumah_kurahanresidence_1

Kurahan Residence, Utara Pasar Godean

Rp. 296.000.000,-

rumah_aris_balecatur_1

Rumah Baru Masih Gress di Balecatur

Rp. 320.000.000,-

Harga Perumahan

Kunjungi Juga

Twitter