Halo user!

Polling

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang hobi membeli rumah?
Reload

Enter the code

Simulasi KPR

Proses serta Persyaratan Akta Jual Beli & Waris Tanah

Diposkan tgl 16 September 2016
Teras, VOLUME I | EDISI 09 | FEBRUARI 2013

teras_09_1Peralihan atau pemindahan hak adalah suatu perbuatan hukum yang bertujuan memindahkan hak dari suatu pihak ke pihak lain. Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan dalam jual beli tanah, yaitu mengenai subjek dan objek jual beli tanah. Mengenai subjek jual beli tanah adalah para pihak yang bertindak sebagai penjual dan pembeli. Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah calon penjual harus berhak menjual yaitu pemegang sah dari hak atas tanah tersebut, baik itu milik perorangan atau keluarga. Sedangkan mengenai objek jual beli tanah adalah hak atas tanah yang akan dijual.

Peralihan hak atas tanah dan hak milik atas satuan rumah melalui jual beli, tukar menukar, hibah, pemasukan dalam perusahaan, dan perbuatan hukum pemindahan hak lainnya (kecuali lelang) hanya dapat didaftarkan jika dibuktikan dengan akta yang dibuat oleh PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) yang berwenang menurut perundang-undangan yang berlaku. Seperti diungkapkan Kepala Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Sleman, agar setiap orang yang akan melakukan proses jual beli agar melakukan pengecekan terlebih dahulu ke PPAT, untuk mengetahui status tanah. “ Pembeli harus mengajukan permohonan untuk pengecekan tanah, untuk mendapatkan kepastian tanah tidak dalam sengketa”, ungkap Triyono.

Setelah mengajukan pengecekkan tanah, di sini peran PPAT akan sangat penting karena PPAT harus mengetahui Peta Zona Nilai Tanah (ZNT). Peta Zona Nilai Tanah, adalah dasar bagi PPAT untuk menyampaikan besaran perhitungan biaya yang harus dibayar konsumen. “ ZNT merupakan dasar perhitungan bagi PPAT saat menghitungkan besar biaya yang harus dibayar konsumen yang masuk ke Negara. Nah, yang mengetahui besaran Zona Nilai Tanah adalah Badan Pertanahan Nasional (BPN). Besarannya pun akan berbeda-beda, karena sesuai survei yang dilakukan di lapangan. Untuk wilayah Sleman dasarnya pajak yang harus dibayarkan kepada Negara bukan lagi NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) tetapi Zona Nilai Tanah (ZNT), “ terang Triyono di kantornya, BPN Kabupaten Sleman, jalan DR. Radjimin. Sucen. Triharjo. Sleman.

Dalam transaksi jual beli, baik penjual dan pembeli dikenakan pajak. Bagi penjual akan membayar Pajak Penghasilan sesuai rumus PPH, dan pembeli akan membayar pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan atau Bangunan (BPHTB). Hal ini juga berlaku bagi proses Jual Beli Badan Hukum (PT). Dalam jual beli Badan Hukum, status haknya harus sama, “ Status hak dalam jual beli badan hukum memang harus sama, jika ijin tanah tersebut dulunya untuk sebuah perumahan ya harus dijual untuk sebuah perumahan, tidak bisa dijual ke industri”. Dalam jual beli badan hukum juga dikenakan biaya PPH dan BPHTB yang harus dipenuhi. Perhitungan pajak pembeli dan penjual ini merupakan persyaratan yang harus diajukan ke BPN. Setelah membayar pajak, masyarakat baru bisa mengajukan proses Akta jual Beli ke BPN, dengan melengkapi persyaratan yang ditentukan.

Sedangkan untuk balik nama secara waris tidak perlu pengecekan ke PPAT, dan tidak ada pajak penjualan, namun ada pajak BPHTB waris. Menurut Triyono berkaitan dengan proses balik nama secara waris yang membedakan adalah, “Kalau warisnya adalah WNI Pribumi harus membuat surat keterangan waris yang diketahui oleh Lurah (Pemerintah Desa) dan kecamatan di mana mereka tinggal. Sedangkan bagi mereka yang Non Pribumi harus pakai putusan pengadilan atau dengan keterangan Notariat”, terangnya. Selain itu, masyarakat juga harus melengkapi beberapa persyaratan yang sudah ditentukan.

Persyaratan umum seperti :
1. Formulir permohonan yang sudah diisi dan ditandatangani pemohon atau kuasanya di atas materai cukup
2. Surat kuasa apabila dikuasakan
3. Fotocopy identitas (KTP,KK) pemohon dan kuasa apabila dikuasakan, yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket
4. Fotocopy Akta Pendirian dan Pengesahan Badan Hukum yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket
5. Fotocopy SPPT PBB Tahun berjalan yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket dan penyerahan bukti SSB (BPHTB)
6. Melampirkan bukti SSP/PPh sesuai ketentuan*
*)tidak diperlukan pada prosedur ganti nama, wakaf, perubahan Hak, HT, Roya, Cessie dan pelayanan pencatatan informasi.

Persyaratan Peralihan Hak Atas Tanah :
1. Sertipikat asli.
2. Fotocopy KTP para pihak dan/ Kuasanya.
3. Fotocopy Akta Pendirian dan Pengesahan Badan hukum yang telah dicocokan dengan aslinya oleh petugas loket, bagi badan hukum.
4. Fotocopy SPPT PBB tahun berjalan yang telah dicocokan dengan aslinya oleh petugas loket.
5. Menyerahkan bukti SSPD / Surat Setoran Pajak Daerah (BPHTB) yang telah divalidasi.
6. Bukti SSP/PPH yang telah divalidasi.
7. Ijin Pemindahan Hak apabila di dalam sertipikat/keputusannya dicantumkan tanda yang menyatakan bahwa hak tersebut hanya boleh dipindahtangankan jika telah diperoleh ijin dari instansi yang berwenang.
8. Ijin pemanfaatan tanah untuk Badan Hukum
9. Dasar Peralihan Hak
a. Jual : AKTA JUAL BELI
b. Pewarisan : Surat Keterangan Waris dan Pembagian Harta Warisan
c. Hibah : AKTA HIBAH
d. Tukar menukar : AKTA TUKAR MENUKAR
e. Pembagian Hak Bersama : AKTA Pembagian Hak Bersama
f. Lelang : Risalah lelang & Bukti Pelunasan
g. Putusan Pengadilan : Salinan Putusan Pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum yang tetap (inkracht)
Tarif Peralihan HAT
: (1% X Nilai Tanah) + Rp. 50.000,-
Waktu Peralihan HAT : 5 hari

Berkaitan dengan waktu pelayanan, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman, Triyono, mengungkapkan “ Kita selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik, kita memiliki komitmen untuk memberikan waktu 5 hari untuk mendapatkan penandatanganan dan sekitar 2 minggu untuk sampai dengan penyerahan kepada pemohon, dengan catatan semua persyaratan sudah terpenuhi dan benar”. Triyono juga menambahkan, “Jika ada masyarakat yang sudah mendaftarkan namun sudah lama tidak selesai, segera bawa bukti pendaftaran ke BPN untuk kami teliti”. Greg-Red

Berita Lainnya

Iklan Foto

kavling_ siapbangun_gebang_1

KAVLING SIAP BANGUN LOKASI GEBANG, SLEMAN

Rp. 690.000.000,-

rumah_raihanproperty_sucen_1

RUMAH SIAP HUNI DI SUCEN, SLEMAN

Rp 365.000.000,-

rumah_shary_maguwoharjo_1

Rumah Di Utara Jogja Bay, Maguwoharjo, Sleman

Rp 700.000.000,-

Jpeg

Rumah Murah, Lengkap Siap Huni, Nyaman dan Strategis

Rp 475.000.000,-

rumah_tommy_condongcatur_1_new

3 Unit Rumah di Condongcatur, Sleman

Rp. 625.000.000,-

tanah_soni_rrutara_1

Tanah Di Tepi Ringroad Utara Jogja

Rp. 7.250.000,-/m2

rumah_kurahanresidence_1

Kurahan Residence, Utara Pasar Godean

Rp. 296.000.000,-

rumah_aris_balecatur_1

Rumah Baru Masih Gress di Balecatur

Rp. 320.000.000,-

Harga Perumahan

Kunjungi Juga

Twitter