Halo user!

Polling

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang hobi membeli rumah?
Reload

Enter the code

Simulasi KPR

Ruang Keluarga Yang Sejuk

Diposkan tgl 19 September 2016
Dapur, VOLUME II | EDISI 18 | NOVEMBER 2013

Ruang keluarga adalah tempat berkumpulnya anggota keluarga dan merupakan inti dari sebuah rumah tinggal, di mana ruang keluarga mengakomodasi kegiatan penghuni rumah, tidak lain adalah anggota keluarga, yang didominasi oleh kegiatan-kegiatan bersantai, seperti menonton TV, diskusi, atau sekedar bercengkerama sesama anggota keluarga. Untuk itulah, ruang keluarga memiliki peran penting dalam menghadirkan kehangatan dan keharmonisan antar anggota keluarga, sehingga diperlukan ruangan yang nyaman dan kondusif bagi penggunanya. Kenyamanan sendiri terbagi 2, kenyamanan secara batin atau perasaan dan kenyamanan secara fisik. Dalam kaitan dengan ruang, maka kenyamanan fisiklah yang akan menjadi pembahasan selanjutnya.

Salah satu faktor kenyamanan dalam ruang keluarga dapat dihadirkan melalui suasana ruang yang sejuk. Kesejukan merupakan faktor penentu dalam ruang keluarga yang bersifat refreshing, yang menghadirkan kesegaran udara. Angin sejuk dalam ruang dihasilkan dari perpindahan udara/angin. Angin biasanya berpindah dari udara panas ke udara yang lebih dingin. Ketika suhu udara dalam ruang tinggi, maka udara dalam ruang akan berpindah ke udara yang lebih dingin, biasanya ke udara luar ruang. Untuk itulah dibutuhkan desain ruang yang baik agar udara dalam ruang dapat bergerak bebas, sirkulasi udara menjadi lancar dan tercipta kesejukan secara alami dalam ruang.

Udara sejuk dapat diciptakan melalui desain ruang yang baik. Untuk menghasilkan desain ruang keluarga yang baik tersebutlah maka dibutuhkan beberapa tahap dalam mendesain ruang keluarga.
Pertama, menentukan posisi ruang keluarga dalam rumah.
Sebaiknya ruang keluarga berada pada posisi yang langsung mendapat udara luar dan mudah di akses oleh seluruh anggota keluarga.
Kedua, memiliki bukaan.
Ruang keluarga sebaiknya mendapat bukaan/pintu-jendela yang langsung menuju ruang luar. Ruang luar dapat juga dihadirkan melalui pembuatan innercourt atau taman indoor. Hal ini menjaga agar penghawaan alami dalam ruang tetap terjaga dan udara sejuk tetap dapat dihadirkan dalam ruang.
Ketiga, layout ruang keluarga.
Perletakan komponen ruang, seperti furnitur dan dekorasi, sebaiknya tidak menghalangi sirkulasi, baik sirkulasi pengguna maupun sirkulasi udara dalam ruang. Misal, furnitur yang tinggi atau besar tidak diletakkan di depan bukaan/jendela karena dapat menghalangi sirkulasi udara.
Keempat, dimensi ruang.
Sesuaikan dimensi ruang dengan kebutuhan anggota keluarga. Semakin banyak pengguna atau anggota keluarga, maka sebaiknya ruang juga semakin luas agar tidak terkesan sumpek.
Kelima, pemilihan furnitur ruang.
Pemilihan furnitur juga disesuaikan dengan konsep yang dipilih untuk ruang keluarga. Untuk Anda yang memiliki ruang keluarga tidak terlalu luas, pilihlah konsep-konsep yang minimalis dengan furnitur sederhana atau simple sehingga ruang tidak berkesan sempit.

Faktor pendukung lain dalam penentuan desain ruang keluarga, yaitu pemilihan warna yang disesuaikan dengan konsep yang ingin diciptakan, dan kehadiran vocal point dalam ruang yang dapat memperkuat karakter ruang keluarga.

Contoh Perancangan Ruang Keluarga:
Desain 1
Ruang Keluarga Tropis

dapur_13_1Ruang keluarga yang cukup besar biasanya digunakan untuk tempat berkumpulnya keluarga besar dari pemilik rumah, terutama bagi yang sering mengadakan acara di rumah. Ruang berukuran 6 m x 5 m ini sangat leluasa untuk melakukan aktivitas keluarga seperti menonton tv, bermain bagi anak-anak, dan berkumpul bersama. Selain itu terdapat fasilitas tambahan untuk ruang membaca di bawah tangga. Orientasi ruang keluarga berdampingan dengan teras samping yang berupa taman dan kolam, tujuannya agar dapat merasakan udara segar secara langsung. Di dalam ruangan juga memiliki taman kering untuk menanam jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari dan air terlalu banyak.

Suasana tropis pada ruang keluarga akan membuat perasaan menjadi tambah nyaman, hal ini karena kondisi alam lingkungan hunian adalah tropis. Konsep tropis memberikan kesan relaksasi dan ketenangan yang pas untuk bersantai bersama keluarga tercinta. Unsur material yang alami seperti kayu dan batu alam serta visualisasi taman yang sejuk menambah suasana lebih nyaman. Layout ruang keluarga dibuat sejajar dengan taman luar karena bukaan yang besar akan sangat mengganggu bila posisi kursi membelakangi atau menghadap bukaan, yang terjadi adalah menimbulkan silau, sehingga kenyamanannya menjadi terganggu. Penataan furnitur dapat lebih bebas jika ruangan berukuran besar seperti ini, akan tetapi tetap harus memperhatikan kesesuaian dengan tema ruang agar tercipta keharmonisan di dalamnya.

Desain 2
Ruang Keluarga Modern

dapur_13_2Ruang keluarga berukuran 6 m x 2 m ini cocok untuk tipe hunian sederhana bagi keluarga muda yang aktif dan tinggal di kawasan urban. Kebutuhan ruang untuk berkumpul bersama tidak terlalu luas, tetapi jika memiliki ruangan yang cukup lebar seperti contoh layout ruang keluarga ini, maka dapat dikombinasikan dengan fungsi lain, seperti ruang belajar atau kerja. Posisi ruang keluarga terletak di sebelah taman dalam yang memiliki akses udara dari atas melalui celah bukaan atap yang memang sengaja dibuat untuk mengalirkan udara. Selain itu, taman kering berfungsi untuk memberikan kesejukan di dalam ruang sekaligus sebagai pembatas antara ruang tamu dengan ruang keluarga, sehingga rumah terasa lebih asri.

Keluarga modern biasanya akan memilih nuansa yang cerah dan lebih meminimalisir penggunaan sekat sebagai pemisah ruang, karena akan membuat ruang bertambah sempit. Furnitur yang digunakan akan dipadukan dengan konsep ruang agar lebih efektif penggunaannya. Batasan ruang ditunjukkan melalui permainan warna dinding atau elemen bangunan lainnya seperti lantai dan taman, hal ini bertujuan untuk tidak membatasi pandangan sekitar. Ruang kerja diwarnai biru dengan permainan gradasi biru untuk menciptakan ruangan yang fokus, sedangkan ruang keluarga dibuat lebih natural dengan warna putih dan coklat muda agar memberikan kesan hangat untuk berkumpul bersama keluarga. Sofa merah menciptakan suasana cerah untuk menghindari kebosanan di dalam rumah.

Desain 3
Ruang Keluarga Klasik

dapur_13_3Pada desain kali ini ruang keluarga memiliki ukuran 4 m x 5 m, berada di tengah ruang agar mudah di akses anggota keluarga. Ruang keluarga berada dekat dengan taman indoor, untuk mempermudah pencahayaan dan penghawaan alami dalam ruang. Dengan luasan yang cukup besar, memungkinkan ruang keluarga ini mengusung tema klasik pada desainnya. Pemilihan furnitur berornamen klasik seperti pada sofa, buffet, dan dekorasi klasik pada gorden, serta kehadiran pilar klasik juga memperkuat konsep. Tidak lupa vocal point pada ruang terletak pada area TV yang menjadi fokus utama ketika sedang bersantai. Warna coklat yang bersifat hangat menambah nilai kenyamanan dalam ruang.

Desain 4
Ruang Keluarga Rustic

dapur_13_4Ruang keluarga memiliki luasan 2,5 m x 3,5 m. Ruang keluarga ini termasuk tipe yang tidak begitu luas karena bentuknya yang memanjang. Namun, posisi atau letak ruang tetap mendapat cahaya dan udara yang baik melalui jendela besar di salah satu sisinya. Agar sirkulasi dalam ruang semakin optimal, layout dan perletakan furnitur dalam ruang perlu diperhatikan. Dalam kasus ini, area duduk difokuskan pada salah satu sisi, menghadap jendela besar, ini juga meminimalisir kesan sempit dengan memberikan view ruang luar pada pengguna, dan sisi yang lain untuk tempat furnitur pendukung seperti TV dan buffet. Konsep yang diangkat yaitu rustic, di mana sebagian furnitur menggunakan material unfinishing. Dinding bata ekspose dan susunan papan kayu menciptakan karakter yang kuat pada konsep ruang, bata dan kayu juga merupakan material yang secara alami menghadirkan kesan hangat dalam ruang. Kehadiran rak buku, TV, buffet, serta kursi yang terbuat dari material kayu dengan finishing yang tidak sempurna mendukung konsep rustic pada ruang keluarga. Tak lupa sentuhan alami dengan tanaman dalam pot menambah kesegaran dalam ruang.

Desain 5
Ruang Keluarga Minimalis

Hunian sederhana dengan kapasitas ruang terbatas, biasanya akan menggunakan ruangan yang sama untuk dua kegiatan yang berbeda. Ruang yang sangat sering digunakan sebagai area multifungsi adalah ruang keluarga, dalam contoh ini ruang keluarga menjadi satu dengan ruang tamu, atau dapat dikatakan dwi fungsi. Hal ini akan terjadi apabila ruang yang tersedia sangat minim dan tidak ada lagi ruang kosong untuk digunakan secara tunggal, seperti halnya ruangan berukuran 2,6 m x 3,5 m ini ruang tamu sekaligus sebagai ruang keluarga. Kesejukan di dalam ruang sangat penting untuk menjaga kenyamanan rumah. Oleh sebab itu, bukaan seperti jendela dan pintu harus memenuhi kebutuhan ruangnya. Ruangan yang memiliki fungsi ganda akan mewadahi 2 aktivitas yang berbeda, sehingga furnitur yang terdapat pada ruangan tersebut akan bertambah. Penggunaan dimensi furnitur yang sesuai dengan kebutuhan ruang yang sempit akan menjadikan ruangan tampak luas. Penataannya pun sebaiknya diikuti orientasi bukaan pada ruang agar udara segar tetap dapat masuk dengan leluasa, sehingga ruangan menjadi sejuk. Pada ruang yang sempit, optimalisasi fungsi furnitur sangat penting, hal ini mempengaruhi space yang akan digunakan sebagai sirkulasi, agar kondisi ruang tetap nyaman. Pemasangan furnitur pada dinding kosong yang bebas bukaan, tetapi hindari perlakuan yang asal tempel, sehingga tidak menimbulkan kesan ‘semrawut’ dan berantakan. ARCHIRA – Archsketch Cipta Inspira

Berita Lainnya

Iklan Foto

kavling_ siapbangun_gebang_1

KAVLING SIAP BANGUN LOKASI GEBANG, SLEMAN

Rp. 690.000.000,-

rumah_raihanproperty_sucen_1

RUMAH SIAP HUNI DI SUCEN, SLEMAN

Rp 365.000.000,-

rumah_shary_maguwoharjo_1

Rumah Di Utara Jogja Bay, Maguwoharjo, Sleman

Rp 700.000.000,-

Jpeg

Rumah Murah, Lengkap Siap Huni, Nyaman dan Strategis

Rp 475.000.000,-

rumah_tommy_condongcatur_1_new

3 Unit Rumah di Condongcatur, Sleman

Rp. 625.000.000,-

tanah_soni_rrutara_1

Tanah Di Tepi Ringroad Utara Jogja

Rp. 7.250.000,-/m2

rumah_kurahanresidence_1

Kurahan Residence, Utara Pasar Godean

Rp. 296.000.000,-

rumah_aris_balecatur_1

Rumah Baru Masih Gress di Balecatur

Rp. 320.000.000,-

Harga Perumahan

Kunjungi Juga

Twitter