Halo user!

Polling

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang hobi membeli rumah?
Reload

Enter the code

Simulasi KPR

Seni Bangunan Heritage Dalam Unsur Alam di Rumah Batu

Diposkan tgl 17 September 2016
Jendela, VOLUME II | EDISI 18 | NOVEMBER 2013

jendela_13_1Menyatu dengan alam. Ya mungkin kata inilah yang paling tepat untuk mengungkapkan suasana, konsep dan aura yang dibangun dari Rumah Batu Villa, Spa, & Resto. Bangunan ini merupakan salah satu tempat istirahat yang patut Anda singgahi saat berkunjung ke kota Solo. Rumah Batu menawarkan sebuah konsep perpaduan alam yang asri, dengan pengolahan bercitarasa seni, serta mengkombinasikan dengan beberapa bangunan kuno di dalamnya. Sesuai namanya “Rumah Batu” penginapan ini menghadirkan tata eksterior yang sebagian besar menggunakan material batu untuk finishingnya. Dengan material batu sebagai ornamen pada dinding, taman, pagar, pedestrian, dan jalan, membuat fasad bagunan Rumah Batu nampak lebih natural. “Menurut Saya batu itu kan memiliki falsafah yang menarik, dalam Bahasa Jawa, batu berarti batin, memiliki sikap yang diam. Manusia membutuhkan diam untuk menghasilkan ide-ide. Selain itu dengan karakter batu yang diam tersebut, dia tetap dapat mengekspresikan suatu hal. Karakter batu yang diam, menginspirasi saya untuk membuat Rumah Batu Villa, Spa & Resto ini”, papar Ir. Sugiarto Gunawan, Owner Rumah Batu Villa, Spa, & Resto.

Rumah Batu Villa, Spa & Resto bagi Sang pemilik ternyata memiliki cerita yang panjang dalam pembangunannya. Berawal dari keinginan keluarga owner untuk memiliki rumah atau villa saat berkunjung ke Solo, pada tahun 2008 rumah tersebut mulai dibangun. Sebagai seorang yang juga berprofesi sebagai arsitek, Gunawan mendesain sendiri bentuk dan material yang digunakannya. Kecintaannya pada alam, batu dan kayu dicurahkannya pada bangunan Rumah Batu tersebut. Seperti jendela_13_3diungkapkan Gunawan, “Bangunan ini dulunya sebuah tempat tinggal, yang di depan ini merupakan bangunan intinya. Material, konsep ruangan saya buat senyaman mungkin bagi keluarga. Hanya sekitar 200 meteran, dan di belakang itu dulu saya biarkan hijau. Baru sekitar 2 tahun rumah ini saya ubah menjadi penginapan” ungkapnya. Sedangkan penamaan Rumah Batu terinspirasi dari putra bungsu pasangan Gunawan dan Pipin Herlinawati yang sering menyebut rumah tersebut sebagai rumah batu.

Penginapan yang berlokasi di Jalan Ovensari Raya No 8 Kadilangu, Baki, Solo Baru, tersebut menawarkan suasana yang nyaman untuk beristirahat. Memasuki area Rumah Batu Villa, Spa & Resto Anda akan merasakan sebuah spirit ketulusan. “Kami menyajikan desain bangunan dan pelayanan dengan semangat ketulusan. Seperti alam yang selalu memberi keindahannya dengan tulus”, tutur Pipin. Sejak pintu masuk, nuansa batu sudah terasa, batu-batu bronjong terpasang sebagai pembatas area parkir dengan area Villa, Spa & Resto. Karakter batu yang diam dan kuat seolah ingin melambangkan ketulusannya dalam memberi perlindungan. Lebih dalam melangkahkan kaki Anda akan disambut senyum ketulusan dari para pegawai Rumah Batu. Berdiri di atas luas tanah 2400 meter persegi pertama yang Anda temui sebuah bangunan konsep dua lantai. Seperti diceritakan Gunawan, bangunan dua lantai yang sekarang digunakan sebagai ruang spa di lantai dua tersebut merupakan bangunan intinya, atau rumah. Di lantai dua tersebut dulu sering digunakan untuk tidur keluarga saat tinggal di Rumah Batu. Lebih semangat pria yang memiliki basic arsitek tersebut mengungkapkan, lantai bawah yang terbuka dulu sering digunakan untuk kegiatan yang lebih umum, seperti menjamu teman atau kolega yang sedang berkunjung.

jendela_13_4Pada lantai bawah tersebut Anda akan disuguhi sebuah desain arsitek yang berkelas. Lihat saja pada tiang-tiang penyangga bangunan tersebut. Meski menggunakan finishing batu Bronjong dengan bentuk tak beraturan, Gunawan berhasil membuat tiang-tiang tersebut tetap terlihat simetris. “Lihat saja pada tiang-tiang tersebut meski menggunakan batu namun tetap terlihat sudutnya. Dulu sebelum pembangunannya kita harus memilah-milah dulu batu yang sekiranya memiliki sudut yang akan digunakan untuk bagian sudutnya. Tenaganya pun saya menggunakan tenaga yang memang sudah ahli dalam pemasangan batu. Saya bawa dari daerah Jawa Barat”, terang lulusan arsitek UNS tersebut. Perpaduan yang tulus antara batu, kayu pada furnitur bergaya natural, dan tata pencahayaan yang tepat menghadirkan kenyamanan saat Anda bersantai di ruang tersebut. Di salah satu sudut ruang terdapat ruang khusus yang digunakan sebagai display beberapa produk hasil usaha lain yang ditekuni Pipin. Sedang di lantai atas, perpaduan bangunan berbahan kayu dan kaca terlihat lebih hangat. Ruang Spa tersebut memiliki 6 kamar. Spirit ketulusan akan sangat terasa saat Anda mencoba spa di Rumah Batu. Pelayanan yang baik dengan bahan-bahan alami diterapkan untuk memanjakan setiap tamu yang datang. “Terapis harus tulus sebelum memberikan massage dan treatment pada tamu. Ditambah bahan-bahan alami, tanpa kimia membuat spa ini terasa beda dengan spa pada umumnya. Jadi ketika tamu datang, menginap atau pun mencoba spa, bisa mendapatkan healing,” ungkap Pipin semangat.

Lebih dalam lagi Anda akan disuguhi sebuah konsep ketulusan alam yang begitu nyaman dan asri. Pohon perindang terlihat hijau dan segar, batu-batu ditata pada tanah sebagai jalan menuju ruang-ruang di area Rumah Batu. Penggunaan batu sebagai jalan tersebut tentu akan memberikan pengalaman ruang yang unik. Selain itu penggunaan batu tersebut juga berfungsi untuk resapan air hujan karena di sela-sela batu masih terdapat tanah dan rumput. Berkaitan dengan resapan air hujan, Gunawan menjadikannya hal yang penting untuk diperhatikan. Dengan luas tanah yang ada Rumah Batu memiliki 4 resapan air hujan yang siap menampung dikala musim hujan.

jendela_13_2Rumah Batu menawarkan 20 unit kamar dengan 3 pilihan kelas. Superior, Deluxe, dan Suite Room. Harga yang ditawarkannya pun terbilang relatif terjangkau dan seimbang dengan suasana dan fasilitas yang diberikannya. “ Harganya berkisar mulai dari 400 ribuan hingga 1 jutaan”, papar Gunawan. Setiap kamar tersebut memiliki privasi sendiri-sendiri. Di bagian depan setelah ruang spa terdapat kamar kelas suite dan 4 kamar superior yang menawan. Kamar tersebut berdiri sendiri, terpisah dengan kamar-kamar lainnya. Dinding luar kamar tersebut menggunakan finishing batu Andesit yang ditata rapi. Batu-batu tersebut nampak kokoh melindungi bagian dalam kamar. Meski menggunakan batu pada dindingnya kamar-kamar tersebut tetap terasa hangat dan terang saat di dalamnya. Gunawan berhasil mengakomodasi pencahayaan dan penghawaan di dalam ruangan dengan penggunaan kaca-kaca besar pada bagian depan kamar.

Hal serupa juga diterapkan pada kamar-kamar jenis Suite Room dan Deluxe di bagian belakang. Kamar-kamar tersebut terasa lebih private. Meski terletak agak masuk, namun kamar-kamar tersebut memiliki keistimewaan dengan memiliki view kolam renang. Dengan penataan yang artistik, suasananya terasa lebih hangat layaknya sebuah rumah tinggal pribadi. Untuk menikmati suasana santai landscape taman dan kolam yang segar Anda dapat menggunakan gasebo yang terletak di pinggir kolam. Ketenangan air saat malam hari dan tata cahaya yang eksotis memberikan suasana istirahat nyaman yang sulit ditemui saat tinggal di kota.

jendela_13_5Untuk melengkapi kebutuhan Anda saat menginap, Rumah Batu menyediakan restaurant yang terletak di tengah area. Restaurant ini mengusung konsep bangunan Joglo kampung kuno yang diperoleh owner dari daerah Sragen. Joglo kampung tersebut merupakan center point dari kawasan Rumah Batu. Makanan yang ditawarkannya cukup menarik, menu tradisional maupun luar dihadirkan restaurant tersebut. “ Restaurant tersebut sering digunakan untuk acara-acara seperti private wedding, ultah, gathering, dan meeting. Kapasitasnya memang terbatas hanya sekitar 150 orang saja, itu sengaja di lakukan untuk menjaga kenyamanan semua”, papar Pipin. Jadi, jika Anda sedang berkunjung ke kota Solo, cantumkan Rumah Batu Villa, Spa & Resto sebagai salah satu tempat untuk menginap dan menikmati suasana istirahat yang menentramkan. Greg-Red

RUMAH BATU
Villa-Spa-Resto
Meeting Room
Pre Wedding
Jl. Ovensari Raya No. 8 Baki, Solo Baru, Central Java
Telp. 0271-623 443
Fax. 0271-621 458
email : rumahbatusolo@yahoo.com
www.rumahbatusolo.com

Berita Lainnya

Iklan Foto

kavling_ siapbangun_gebang_1

KAVLING SIAP BANGUN LOKASI GEBANG, SLEMAN

Rp. 690.000.000,-

rumah_raihanproperty_sucen_1

RUMAH SIAP HUNI DI SUCEN, SLEMAN

Rp 365.000.000,-

rumah_shary_maguwoharjo_1

Rumah Di Utara Jogja Bay, Maguwoharjo, Sleman

Rp 700.000.000,-

Jpeg

Rumah Murah, Lengkap Siap Huni, Nyaman dan Strategis

Rp 475.000.000,-

rumah_tommy_condongcatur_1_new

3 Unit Rumah di Condongcatur, Sleman

Rp. 625.000.000,-

tanah_soni_rrutara_1

Tanah Di Tepi Ringroad Utara Jogja

Rp. 7.250.000,-/m2

rumah_kurahanresidence_1

Kurahan Residence, Utara Pasar Godean

Rp. 296.000.000,-

rumah_aris_balecatur_1

Rumah Baru Masih Gress di Balecatur

Rp. 320.000.000,-

Harga Perumahan

Kunjungi Juga

Twitter